Kevin Diks Tempuh Perjalanan Panjang Hingga Akhirnya Salaman dengan Erick Thohir

Kevin Diks Tempuh Perjalanan Panjang Hingga Akhirnya Salaman dengan Erick Thohir

Kevin Diks telah menempuh perjalanan yang panjang sebelum akhirnya bertemu dengan Ketum PSSI Erick Thohir. Sejak tahun 2020, namanya sudah mulai dibicarakan untuk dinaturalisasi. Dalam sebuah wawancara dengan detikSport dan dua media Indonesia lainnya pada tahun 2020, Diks menyatakan keinginannya untuk membela Timnas Indonesia. Namun sayangnya, keinginan tersebut tidak direspons oleh PSSI di era kepemimpinan Mochamad Iriawan.

“Usia Kevin yang sudah tidak muda lagi membuatnya sulit untuk dimasukkan ke dalam skuad Timnas Indonesia untuk Piala Dunia 2021. Kita sedang mencari pemain yang masih berusia 18 atau 19 tahun,” kata Plt Sekjen PSSI Yunus Nusi pada 23 September 2020. “Hal ini juga yang dialami oleh Ezra Walian yang gagal bermain di Kualifikasi Piala Asia 2020 karena pernah membela timnas Belanda di level junior pada kompetisi resmi UEFA,” tambahnya.

Namun seiring berjalannya waktu, karier Kevin Diks mulai meningkat setelah bergabung dengan klub top Denmark, FC Copenhagen. Bersama klub tersebut, Diks berhasil meraih gelar Danish Superliga pada musim 2021/22 dan 2022/23, serta juara Danish Cup 2022/23. Dia juga mendapat kesempatan bermain di Liga Champions melawan klub-klub top Eropa seperti Borussia Dortmund, Sevilla, Manchester City, Manchester United, dan Bayern Munich.

PSSI akhirnya mulai melirik Diks untuk dinaturalisasi. Namun, Diks tampaknya enggan merespons pendekatan dari PSSI. Meskipun begitu, anggota Komite Eksekutif PSSI, Hasani Abdulgani, mengatakan bahwa proses naturalisasi Kevin Diks masih dalam tahap pembahasan dan belum diumumkan ke publik.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, akhirnya memilih mencoret Kevin Diks dari daftar pemain keturunan yang akan dinaturalisasi. Alasannya karena Diks terlambat dalam merespons dan pelatih lebih memilih pemain yang lebih kooperatif.

Meskipun nama Kevin Diks mulai meredup dari peredaran publik sepakbola Indonesia, namun penampilannya yang gemilang melawan Manchester United pada Oktober 2023 membuat wacana dinaturalisasinya kembali muncul. Pada pertengahan Desember 2023, Diks datang ke Jakarta untuk berlibur, namun spekulasi mengenai dinaturalisasinya semakin kuat.

Akhirnya, tiga hari lalu, Erick Thohir mengumumkan bahwa Kevin Diks akan dinaturalisasi menjadi Warga Negara Indonesia. Proses naturalisasi ini diprediksi akan berjalan cepat, sehingga Diks berpotensi debut bersama Timnas Indonesia pada bulan depan. Timnas Indonesia sendiri memiliki dua agenda penting dalam kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Jepang dan Arab Saudi.

Dengan begitu, Kevin Diks akan segera memulai perjalanan barunya sebagai pemain Timnas Indonesia. Semoga kehadirannya dapat memberikan kontribusi positif bagi tim dan membawa prestasi gemilang untuk negeri ini. Selamat bergabung, Kevin Diks!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *